Jumat, 29 April 2011

PNPM MANDIRI RIAU

Dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, serta meningkatkan kegiatan perekonomian dan pembangunan, pemerintah Indonesia kerap menciptakan berbagai program yang dapat menunjang tercapainya tujuan tersebut. Salah satu bentuk program yang tengah di lakukan pemerintah saat ini yaitu adanya"Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM-Mandiri)", dimana PNPM Mandiri merupakan salah satu bentuk titik terang bagi masyarakat Indonesia yang memiliki keterbatasan modal dalam melaksanakan usaha nya, dan tidak terkecuali bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Provinsi Riau, yang juga mendapatkan "sentuhan" dari keberadaan program PNPM Mandiri tersebut.

Sejauh ini, perjalanan pelaksanaan program PNPM Mandiri di Provinsi Riau dapat dinyatakan telah berjalan dengan baik. Hal tersebut terbukti atas pemberian penghargaan Pemberdayaan Pembina PNPM-MP terbaik nasional kategori pendamping lokal dari Wakil Presiden RI, Boediono, kepada Gubernur Provinsi Riau, Ruzli Zainal, yang berlangsung di Hotel Syahid Jakarta pada hari Rabu lalu (27/4).

Gambaran keberhasilan di wilayah Riau tersebut, hendaknya dapat menjadi acuan bagi wilayah lain untuk bersama-sama mencapai tujuan pemerintah dalam hal meningkatkan aktivitas perekonomian, serta kesejahteraan bersama. Mengenai kesejahteraan, dalam hal ini, kesejahteraan petani juga harus menjadi perhatian khusus oleh pemerintah, baik lokal maupun pusat, terkait dengan niat mencapai swasembada pangan, dan lain sebagainya.

Menanggapi hal tersebut, untuk mencapai tujuan bersama, tentu saja harus disertai dengan implementasi program yang sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Terutama mengenai dana yang dikucurkan bagi terlaksananya program tersebut. Dalam pelaksanaan program ini, setiap pelaku ataupun pejabat yang berwenang, harus menjauhi tindakan penyelewengan dana program (PNPM), agar hal yang telah ditetapkan pada master plan sesuai dengan yang dilaksanakan, .!!



By Admin..